Info&tanya jawab

Selasa, 27 Juni 2017

Hariraya Idul Fitri, Sholat Id dan Perayaan Dilangsungkan di Waitenepang



Foto:  Ewwy Phezeeckk
Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438 H untuk umat muslim di wilayah se-kecamatan Adonara Barat berlangsung terpusat di lapangan umum Waitenepang, Desa Waitukan. Perayaan ini dihadiri oleh jemaah dari berbagai desa di Adonara Barat. Tak hanya dari Adonara Barat, umat juga datang dari wilayah Tobilota di kecamatan Wotan Ulumado dan desa Sagu serta Adonara di kecamatan Adonara.
Umat yang berasal dari desa-desa berdekatan sebagian besar datang dengan berjalan kaki. Sementara umat dari desa yang jauh datang dengan roda dua dan roda empat. Tampak ratusan hingga ribuan umat memadati lapangan desa Waitukan.
Tampil sebagai khotib Ustad Anwar Atapukan, putra Adonara yang kini bertugas di Bajawa. "Alhamdulillah, amanah yang di percayakan umat Islam kecamatan Adonara Barat untuk mengisi Kotbah Idul Fitri tahun ini telah kulaksanakan. Semoga bermanfaat untuk para jama'ah dan juga diri ku sendiri," ungkap Anwar lewat akun medsosnya usai kegiatan sholat.
"Momen ini saya gunakan sebaik mungkin untuk Lewotanah, karena hampir 18 tahun saya tidak pernah melakukan Sholat Id di Adonara," lanjutnya.
Usai kegiatan Sholat Id, acara dilanjutkan dengan halal bihalal bertempat di halaman masjid Waitenepang. Halal bihalal di bawah tema "Kita Wujudkan Persatuan Umat Beragama Dalam Bhinneka Tunggal Ika" ini dihadiri pula oleh umat lintas agama.
Adapun wilayah kecamatan Adonara Barat sepertiga penduduknya berkeyakinan muslim. Publikasi Flotim Dalam  Angka tahun 2017 menyebut jumlah umat Muslim sebesar 1906 jiwa atau 32% dari total penduduk. Meski demikian, fasiltas rumah ibadahnya masih minim, terdiri dari lima buah masjid dan sejumlah mushola, termasuk sebuah mesjid di Desa Waitukan. (Teks: Anwar. Simpet)


Foto:  Ewwy Phezeeckk

Foto: Waitenepang

Foto: Waitenepang

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar